//
you're reading...
psikologi, sosial

Ragam Aktivitas Fisik Sesuai dengan Usia Anak

(Foto: gettyimages) 

(Foto: gettyimages)

BERAPAPUN usia anak Anda sekarang, mereka tidak terlalu muda atau tua untuk melakukan gerak fisik yang menyenangkan. Ada beberapa ragam aktivitas fisik yang disarankan untuk mereka.

Balita

Mengajak si kecil berolahraga bukanlah hal yang sulit. Pada dasarnya anak-anak pastilah senang untuk bermain. Apalagi dengan orangtuanya.

Direktur Program Fitness Debi Pillarella Med mengatakan, “Ajak anggota keluarga untuk bermain dan bergantian menyebut variasi berjalan. Misalnya berlari, jalan kecil, dan jalan merangkak. Ini dilakukan seluruh anggota keluarga.”

Tentunya Anda juga senang bermain waktu kecil bukan? Nah, ajak anak bermain petak umpet, petak jongkok, kasti, dan permainan lain yang sarat gerak fisik.

Anak usia sekolah

Usia sekolah merupakan saat yang tepat untuk memulai aktivitas yang lebih berstruktur. Bisa berupa kelas tari, tim baseball, basket, dan tim olahraga lain. Orangtua bisa memasukkan anak-anaknya ke tim olahraga ini.

Namun, jangan hanya mengantar mereka, perhatikan mereka beraksi dengan timnya. Dengan begitu, Anda turut mendukung hobinya. Saat teman anak datang ke rumah, katakan boleh bermain asal jangan main komputer atau menonton televisi. Minta anak bermain di luar rumah dengan temannya.

Remaja

Bagi anak remaja, ada baiknya orangtua membatasi penggunaan ponsel, televisi, dan komputer (kecuali untuk pekerjaan rumah) menjadi hanya dua jam setiap harinya. Kalau anak Anda amat bergantung pada bendabenda ini, batasi penggunaannya perlahan-lahan.

Bersama keluarga, gunakan waktu libur untuk beraktivitas, seperti mengajak bersepeda atau mendaki gunung. Anak remaja mungkin lebih antusias, jika dia mengajak serta temannya dalam liburan.

(Koran SI/Koran SI/ftr)

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: