//
you're reading...
Uncategorized

Manfaat Lebih Kemiri

KEMIRI banyak dicari untuk menambah lezat masakan. Rempah putih berbentuk bulat ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan bumbu. Kemiri memang sering digunakan dalam masakan Indonesia dan Malaysia.

Di Jawa misalnya, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan bersama sayuran dan nasi. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat dan dikenal sebagai tung oil.

Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri sedikit beracun ketika mentah. Beberapa bagian dari tanaman ini sudah digunakan dalam obat-obatan tradisional di daerah pedalaman. Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut).

Kemiri dipercaya dapat membuat rambut menjadi sehat, tebal, sekaligus menghitamkan rambut. Biji yang terdapat di dalamnya juga memiliki lapisan pelindung yang mengandung minyak cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin. Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Jepang, kulit kayunya telah digunakan untuk tumor. Di Sumatra, biji kemiri dibakar dengan arang, lalu dioleskan di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare.
(SINDO//tty)

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: