//
you're reading...
Uncategorized

Kreatifitas Militer Anak Indonesia

Bandung:Mungkin masih banyak orang yang memandang sebelah mata kemampuan para pemuda Indonesia. Namun, siapa sangka ternyata mereka mampu membuat karya apik berkualitas ciamik. Bahkan, buah tangan tersebut mampu dipasarkan dan di luar negeri.

Peralatan tempur yang diproduksi PT Pindad merupakan karya anak-anak muda Indonesia. Tak kalah dengan negara lain, mereka pun mampu membuat panser, pesawat, dan helikopter tempur. Pembuatnya merupakan para sarjana teknik muda Indonesia.

Di antara panser yang diproduksi PT Pindad adalah panser intai, panser mortir, dan panser cannon. Kualitas armada tempur tidak perlu diragukan. Pasalnya, kendaraan tempur tersebut mampu bersaing dengan peralatan tempur buatan asing. Harganya pun ringan untuk kantong pemerintah.

Satu Panser Anoa APC (Armoured Personel Carried) berukuran 6×6 meter itu dipasarkan dengan harga hanya Rp 8 miliar. Harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan harga panser sejenis buatan Prancis yang dijual seharga Rp 14 miliar.

Tak hanya panser, anak-anak muda kreatif itu sebenarnya juga mampu menciptakan pesawat terbang dan helikopter. Baik itu untuk keperluan alutsista maupun komersial. Sayangnya, perusahaan penerbangan nasional, PT Dirgantara Indonesia, terlanjur mati suri pascakrisis moneter 1998 silam.

Ribuan insinyur di PT DI pun kemudian melirik perusahaan asing dan bekerja di luar negeri. Namun, beberapa pemuda yang memiliki nasionalisme tinggi memilih bertahan dan tetap memproduksi pesawat dan helikopter meski dengan dana seadanya. (*)

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: