//
you're reading...
bisnis, nasional, Politik dan Nasional

Situasi Valas Bisa Berubah, Hati-Hati Utang

Tren masuknya dana-dana asing yang berlangsung saat ini bisa berubah sewaktu-waktu karena pengaruh kondisi ekonomi global. Oleh sebab itu, utang harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

“Ingat, sekarang ini situasi perekonomian yang baik karena capital flow yang masuk besar, bisa berubah. Oleh karena itu kehatian-hatian harus dijaga,” kata Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta, Rabu (7/9/2011).

Dalam mata uang, Agus menjelaskan, pihaknya mengimbau agar masyarakat jangan meminjam valuta asing yang murah sementara pemerimaannya bukan dalam valuta asing. Jangan meminjam dengan jangka waktu pendek untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Jangan pula meminjam dengan tingkat bunga floating sementara pinjaman fixed.

“Oleh karena itu, kita melakukan koordinasi dengan BI untuk menjaga itu. Yang bisa langsung kita kendalikan adalah yang terkait dengan pemerintah dan BUMN. Sementara yang terkait dengan swasta, tentu kita akan arahakan melalui regulator-regulator, misalnya BI untuk urusan perbankan nasional, Badan Pengawasan Pasar Modal dan Lembaga Keuangan untuk urusan multifinance, dan Bursa Efek dalam melihat dan merekomendasikan emiten-emiten,” kata Agus.

Dikutip dari : KOMPAS

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: