//
you're reading...
kesehatan, Uncategorized

Suntik Kanker Mampu Rusak Sel Tumor

PENELITIAN termutakhir para ilmuwan menemukan teknologi suntik kanker yang justru bisa menyingkirkan tumor. Pengobatan revolusioner ini pun dipuji sebagai langkah besar dalam menanggulangi penyakit dengan merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga mencari dan menghancurkan sel-sel kanker.

Vaksin memang ini tidak akan sepenuhnya menyembuhkan kanker, tapi para peneliti percaya metode ini akan membantu membuat penyakit ini lebih seperti penyakit kronis daripada penyakit pembunuh tanpa ampun.

Pasien kanker yang diberikan suntikan ini dapat hidup lebih lama dengan penyakit di mampu dikendalikan.

Para ilmuwan dari Cancer Research UK dan University of Leeds menemukan cara berbasis DNA untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh tumor tanpa efek samping.

“Tantangan terbesar dalam imunologi adalah mengembangkan antigen (memicu sistem kekebalan tubuh) yang dapat mencapai tumor tanpa menyebabkan kerusakan di tempat lain. Dengan menggunakan DNA dari bagian yang sama dari tubuh sebagai tumor yang dimasukkan ke dalam virus, kita mungkin dapat memecahkan masalah ini, ” kata Prof Alan Melcher, peneliti di Pusat Penelitian Kanker Inggris di University of Leeds, seperti dikutip dari Daily Express, Senin (20/5).

“Ini mungkin tidak akan menyembuhkan, setidaknya kanker akan terkendali. Ini berarti orang akan mampu hidup lebih lama. Kanker akan lebih menjadi sebuah penyakit kronis daripada hukuman mati,” tambahnya.

Diharapkan, uji klinis bisa dimulai dalam waktu dua atau tiga tahun. Jika terbukti berhasil pada manusia, vaksin bisa membantu orang untuk hidup bebas tumor dengan lebih sedikit efek samping jika dibandingkan dengan yang menjalani terapi saat ini. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine edisi Juni 2011. (Pri/OL-06)

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: