//
you're reading...
Uncategorized

Banyak Alat Deteksi Dini Tsunami Hilang

Menteri Riset dan Teknologi RI Suharna Surapranata membenarkan banyak alat deteksi dini peringatan bahaya tsunami yang hilang dan tidak berfungsi atau efektif. “Alat deteksi dini bahaya tsunami ada yang hilang dan ada juga yang tidak berfungsi,” kata Suharna Surapranata usai memberi kuliah umum di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jalan Ganesha Kota Bandung, Sabtu (12/3).

Karena banyak alat deteksi dini tsunami yang hilang dan tidak berfungsi, maka dalam waktu dekat ini Kementerian Riset dan Teknologi akan melakukan evaluasi. “Makanya kita akan lakukan evaluasi tentang alat deteksi dini ini,” kata Suharna. Ia mengaku tidak tahu berapa jumlah alat yang hilang dan tidak efektif. Data itu ada di BMKG.

Beberapa waktu lalu, Alvin Hidayat dari Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia mengatakan, alat deteksi tsunami di Indonesia banyak yang tidak efektif meskipun telah terpasang sejak tahun 2005. Di Banda Aceh terdapat enam unit sirine yang tersebar di beberapa daerah dan telah dipasang. Namun, belum diketahui efektivitas deteksi dini tsunami sebagai alat bantu peringatan dini pada masyarakat.(Ant/DOR)

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: