//
you're reading...
Budaya, nasional, sosial

Keliling Kota Solo dengan Andong

Alat transportasi tradisional, Andong, di Kota Solo kini diaktifkan kembali sebagai alat transportasi bagi para wisatawan lokal mau pun mancanegara.

Pengaktifan transportasi tradisional ini dilakukan Asih Tour sejak empat bulan lalu. Hal tersebut diungkapkan pendiri sekaligus pemilik Asih Tour, KRAT Djuritno Yudohadinagoro, saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Senin (20/6/2011).

Djuritno bercerita, Andong sebenarnya sudah terkenal sejak jaman kerajaan Mataram. Saat itu, kereta Andong hanya dimiliki keluarga kerajaan. Dalam perkembangannya, Andong berkembang menjadi alat transportasi untuk melayani masyarakat.

Keberadaan Andong di Solo juga sudah cukup lama. Akan tetapi, kini Djuritno dengan program Go Andong kembali mengaktifkan transportasi tradisional ini untuk para wisatawan lokal dan mancanegara.

Go Andong memiliki konsep wisata tiga jam berkeliling kota Solo. Diutamakan pada sore dan malam hari. Dengan Andong, wisatawan akan diajak keliling ke kampung batik di Lawean, wisata batik di Kauman, Baluwarti (pasar kliwon di Surakarta), kemudian berkeliling di halaman Keraton Surakarta, dan alun-alun selatan kota Solo.

“Kenapa pada sore atau malam hari. Karena, kami akan menawarkan sensasi yang berbeda saat berkeliling halaman Keraton Surakarta. Suasananya lebih sakral dan sedikit merinding,” kata Djuritno.

Untuk wisata ini, Asih Tour menyediakan dua macam kereta Andong. Pertama, Andong reguler dan Andong Royal. Andong reguler bisa memuat lima orang penumpang dengan tarif Rp600 ribu selama tiga jam.

Sedangkan untuk Andong Royal, lima penumpang dengan tarif Rp1,5 juta. Biasanya, Andong Royal ini ditujukan kepada wisatawan mancanegara. Kelebihannya, penumpang Andong Royal akan mendapatkan oleh-oleh khusus.

Andong Royal dan reguler memiliki perbedaan. Keduanya memiliki desain Andong Kereta Kencana. Akan tetapi, Andong Royal lebih seperti kereta kuda kerajaan.

Tertarik untuk mencoba?
(uky)

Sumber : OkeZone

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: