//
you're reading...
teknologi

Dari Plastik Menjadi Sebuah Listrik

Membran Aeroelastik, Pengubah Energi Angin Menjadi Listrik

Humdinger, sebuah perusahaan yang hanya terdiri dari enam orang, telah mengembangkan teknologi yang bisa dibilang baru dalam memanen energi angin. Alih-alih menggunakan teknologi turbin konvensional yang melibatkan bilah rotor dan gear box yang menambah besar dimensi, Humdinger memilih menggunakan membran aeroelastik.

Jika dibandingkan dengan sistem yang berbasis piezoelektrik, efisiensinya sepuluh kali lipat lebih baik. Daya listrik yang dihasilkan perangkat tersebut mencapai miliWatt tergantung dari kecepatan angin. Kecepatan angin terendah yang dibutuhkan adalah 3 meter per detik, sedangkan dengan kecepatan angin mencapai 5,5 meter per detik daya yang dibangkitkan sebesar 2 miliWatt.

Menurut Shawn Frayne, presdir Humdinger, membrane yang digunakan tidak akan mengalami deformasi ketika bergetar seperti halnya plastik biasa dan usia pakainya mencapai setidaknya 20 tahun.

Yang menarik dari sistem Humdinger adalah harga produksi yang sangat murah karena penggunaan material yang sederhana. Menurut Frayne, microBelt, membran yang digunakan mempunyai kisaran harga yang hampir sama dengan harga sebuah baterai. Sementara energi yang dihasilkannya sama dengan ratusan baterai sepanjang usia pakainya.

Perangkat tersebut memang berukuran kecil, tetapi mampu menyuplai listrik bagi sistem sensor nirkabel yang juga dibuat oleh perusahaan tersebut, yang rencananya akan diaplikasikan dalam sistem pendingin gedung, dimana perangkat lain yang berukuran lebih kecil tidak bisa bekerja, seperti sel surya, karena tidak ada cahaya yang masuk ke dalam sistem tersebut, serta thermocell, karena perubahan suhu dalam sistem yang sangat rendah.

Jika Humdinger efektif bekerja dalam dimensi yang lebih kecil, mungkinkan ukurannya diperbesar untuk mendapatkan energi angin yang lebih besar sehingga menjadi salah satu alternatif perangkat yang bisa digunakan selain turbin angin konvensional?

SUMBER:

planethijau.com

RISTEK.GO.ID

About ipuls

jangan pernah berbohong pada diri sendiri...

Diskusi

One thought on “Dari Plastik Menjadi Sebuah Listrik

  1. apa yang di maksud dgn membranio87iytu6 u6y65y67yu6y65uy65y65y5thtrhythtyhytuh

    Posted by azid | Mei 1, 2010, 12:11 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: